2012-02-06

Materi Kuliah Pengelolaan Instalasi Komputer

3 (Tiga) Elemen Dasar Pengelolaan Instalasi Komputer:
  1. Publikasi
  2. Kontrol dan Implementasi
  3. Tinjauan dan Prosedur
Kontrol dan Implementasi, meliputi:
- pegawai / user
- sistem analis
- desain dan analisis
- implementasi
- pemrograman
- tata ruang
- perpustakaan database (backup data).

Tahap-tahap Komputerisasi:
1. Pengenalan
2. Penularan
3. Pengetesan
4. Integrasi
5. Administrasi
6. Pematangan.

Langkah-langkah Perbaikan Kerusakan yang Efektif:
  1. Jangan panik
  2. Amati keadaannya
  3. Gunakan akal sehat
  4. Coba kembali
  5. Dokumntasikan
  6. Asumsikan satu masalah (solusi)
  7. Sharing dengan rekan
  8. Lokalisasikan kesalahan tahap demi tahap
  9. Isolasi bagian yang rusak
  10. Perbaikan
  11. Menguji dan memeriksa.
Aplikasi dalam Jaringan Komputer:
  1. Realtime proccessing (pemrosesan bersifat waktu nyata)
  2. Pemrosesan berbagi waktu
  3. Pemrosesan data secara terdistribusi / standarisasi
  4. Email
  5. Konferensi jarak jauh
  6. Pengambilan data jarak jauh.

Tata Ruang Komputer, meliputi: operasi, dokumentasi, dan administrasi ruang komputer.

Urutan dalam Tata Ruang Komputer:
  1. Validasi data
  2. Compiler
  3. Pengetesan Program
  4. Pengetesan sistem
  5. Proses pengolahan data.

Perlengkapan Ruang Komputer:
UPS, AC, Temperatur suhu, Pemadam kebakaran, Penangkal petir.

Organisasi dan Personil
Konsep Dasar Organisasi:
  1. Pengakuan terhadap lingkungan tempat kegiatan tersebut berada dan terhadapa tujuan khususnya.
  2. Garis kekuasaan dan hubungan pelaporan yang jelas.
  3. Terbuka dan ada jalur komunikasi yang jelas.
  4. Rentang kendali yang tidak terlalu luas sehingga memperlemah otoritas.
  5. Sumber daya manusia (SDM) dan peralatan yang digunakan seefektif mungkin.
Konsep Khusus dalam Unit Pengolah Data:
  1. Hubungan pengolah data perlu diletakkan sedemikian rupa sehingga dapat melayani bagian-bagian lain sebaik-baiknya.
  2. Hubungan yang efektif dengan user harus dikembangkan.
  3. Dengan teknologi yang terus berubah dan berkembang, maka keinginan untuk mengembangkan tentang teknik dan pengalaman dari para staf harus didorong.
  4. Struktur organisasi didata sedemikian mampu mengikuti teknologi yang ada.
  5. Struktur organisasi harus memberi peran penting dalam hal planning.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Unit Pengolah data:
  1. Perkembangan kondisi kegiatan pengolah data dan bagaimana pengembangan di masa mendatang.
  2. Kebijakan daripada manajemen mengenai posisi dan tujuan unit pengolah data.
  3. Penilaian saat ini dan diharapkan dimasa mendatang terhadap peralatan dan sumber daya manusia untuk unit pengolah data.
  4. Evaluasi cara penyajian informasi dari unit ke para user.
  5. Saluran dan beban kerja.
  6. Manajer jangan terlalu tergantung dengan mitra kerja.
  7. Unit pengolahan berorientasi ke sosial atau bisnis.
  8. Derajat kerja user.
Posisi Organisasi Pengelolaan Data harus mandiri, netral, sebagai service group, dan atau sebagai kelompok customer (pemakai jasa).

Jabatan Personil Instalasi Komputer:
  1. Analis sistem
  2. Progammer
  3. Pengoperasian / operator
  4. Pendukung teknis
  5. Administrasi
  6. Manajemen.

0 comments:

Posting Komentar